يَقُــولُ رَاجِـي رَحمةِ
الْغَـفُـورِ * دَوْمَـاً سُلَـيْمَانُ هُـوَ الْجَمـْزُورِى
Selasa, 17 April 2012
KITAB TUKHFATUL ATHFAL
Berkata Sulaiman Al Jamzury, orang yang senantiasa
mengharapkan rahmat sang Maha Pengampun..
الْحَمْــدُ
لِلَّــهِ مُصَـلّـِياً عَـلـى * مُـحَمَـــدٍ وآلِــهِ وَمَـنْ تَـلاَ
Segala puji bagi Allah, Shalawat atas Muhammad beserta
keluarga dan orang yang mengikutinya..
وَبَعْـدُ
هـذَا النَّـظْـمُ لِلْـمُرِيــدِ * فــي النُـونِ والتَّـنْوِينِ
وَالْمُدُودِ
Bait syair ini adalah untuk orang yang menginginkan
(pembahasan) pada masalah nun, tanwin, dan mad-mad..
سَــمَّيتُــهُ
بِتُحفَـة الأَطْفَالِ * عَـنْ شَيْـخِنَا الْمِيـهِىِّ ذِي الْكَمالِ
Aku namakan dengan Tuhfatul Athfal.. dari (riwayat) Syaikh
kami, Al Mihiy yang memiliki kesempurnaan (ilmu)..
أَرْجُــو
بِـه أَنْ يَنْـفَعَ الطُّـلاَّبَـا* وَالأَجْــرَ وَالْقَـبُـولَ
وَالثَّـوَابـا
Aku berharap (kitab ini) bermanfaat untuk penuntut ilmu..
dan Aku berharap amalan ini diterima, mendapatkan balasan dan pahala..
النون
الساكنة والتنوين
Nun Sukun dan Tanwin
لِلـنُّــونِ
إِنْ تَسْـكُنْ وَلِلتّـَنْوِينِ * أَرْبَـعُ أَحْكَـامٍ فَخُـذْ
تَبْـيِـيـنِـي
Nun Sukun dan Tanwin memiliki empat hukum, maka
perhatikanlah penjelasanku..
فَـالأَوَّلُ
الإظْـهَارُ قَـبْـلَ أَحْـرُفِ * لِلْحَـلْـقِ سِـتٍ رُتِّبَتْ فَلـتَـعْرِفِ
Pertama, Idzhar (jika ada nun sukun / tanwin) sebelum enam
huruf halqy (tenggorokan) yang tersusun maka ketahuilah..
هَمْـزٌ
فَـهَـاءٌ ثُـمَّ عَـيْـنٌ حَـاءُ * مُـهْمَلَـتَانِ ثُــمَّ غَيْـنٌ خَــاءُ
Hamzah (أ) , Ha besar (هـ), ‘Ain (ع), Ha kecil (ح), kemudian Gha (غ), dan Kha (خ)..
والـثّـَانـي
إِدْغَـامٌ بِسـتَّةٍ أَتَـتْ * فِـي يَـرْمَـلُـونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ
Kedua, Idgham yang memiliki 6 huruf yang datang kemudian,
terhimpun dalam kata:
يَرْمُلُوْنَ
(ي-ر-م-ل-و-ن)
لَـكِنَّهَا
قِسْـمَانِ قِسْــمٌ يُـدْغَـمَا * فِـيهِ بِـغُـنّـَةٍ بِيَـنْـمُو عُلِـمَـا
Akan tetapi Idgham ada dua jenis; yang pertama didengungkan
(Idgham bighunnah) untuk huruf yang dikenal terangkum dalam kata
يَنْمُوْ
)ي – ن – م – و )
إِلاَّ
إِذَا كَـانَـا بِـكــِلْمَـةٍ فَــلاَ * تُـدْغِـمْ كَدُنْـيَا ثُمَّ صِـنْوَانٍ
تَـلاَ
Kecuali jika (nun sukun/tanwin bertemu huruf ini) dalam
satu kata, maka jangan didengungkan tetapi bacalah seperti “دُنْـيَا” dan “صِـنْوَانٍ”
وَالثَّـانـي
إِدْغَــامٌ بِغَيْــرِ غُـنَّةْ * فـي الـلاَّمِ وَالـرَّا ثُـمَّ كَـرّرَنَّـهْ
Jenis
yang kedua adalah idgham bilaa (bighairi) ghunnah yaitu untuk huruf lam (ل) dan ra (ر) yang dibaca Takrir (bergetar)
وَّالثَـالـثُ
الإِقْـلاَبُ عِنْـدَ الْبَـاءِ * مِيــماً بِغُـنَــةٍ مَـعَ الإِخْـفَـاءِ
Ketiga, Iqlab yaitu ketika (Nun sukun / tanwin bertemu)
huruf Ba (ب)
maka dibaca mim yang didengungkan serta disamarkan.
وَالرَّابِـعُ
الإِخْـفَاءُ عِنْـدَ الْفاضِـلِ * مِـنَ الحُـرُوفِ وَاجِـبٌ لِلْفَاضِـلِ
Keempat, Ikhfa yaitu untuk sisa huruf hijaiyah yang wajib
menurut Ulama Qirooah
فـي خَمْسَـةٍ
مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا * فِـي كِلْمِ هذَا البَيْتِ قَـدْ ضَمَّنـْتُـهَا
Aku telah menyusun rumus 15 huruf ikhfa yang terangkum
dalam kalimat bait ini:
صِفْ ذَا
ثَـنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا * دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ
ظَالِـمَا
صِفْ ذَا ثَـنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ
سمَا دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ ظَالِـمَا
الميم
والنون المشددتين
Mim dan Nun yang bertasydid
وَغُـنَّ
مِيـماً ثُـمَّ نُونـاً شُــدِّدَا * وَسَــمِّ كُـلاً حَـرْفَ غُـنَّةٍ بَـدَا
Dengungkanlah mim dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah
kedua huruf tersebut dengan huruf ghunnah dan tampakkanlah
الميم
الساكنة
Mim Sukun
وَالِميـمُ
إِنْ تَسْـكُنْ تَجِى قَبْلَ الْهِجَا * لاَ أَلــفٍ لَيِّــنَةٍ لِــذِى
الْحِـجَا
Jika Mim sukun itu terletak sebelum semua huruf hijaiyah
selain alif layyinah (alif sukun) bagi orang yang berakal
أَحْـكَامُـهَا
ثَـلاَثَـةٌ لِمَـنْ ضَبَـطْ * إِخْـفَاءٌ ادْغَـامٌ وَإِظْـهَـارٌ
فَقَــطْ
Hukumnya ada tiga saja bagi yang
menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar
فَـالأَوَّلُ
الإِخْـفَـاءُ عِنْـدَ الْبَــاءِ * وَسَـمِّـهِ الشَّفْــوِىَّ
لِلْـقُــرَّاءِ
Pertama, Ikhfa yaitu ketika huruf Ba (didahului mim
sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa Syafawy
وَالثّـَانـى
إِدْغَـامٌ بِمِـثْلِـهَا أَتَـى * وَسَـمِّ إدغـاماً صَـغـِيراً يَا فَـتَى
Kedua, Idgham (dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim
juga) Namakanlah Idgham Shaghir (kecil) wahai pemuda..
وَالثـَّالِـثُ
الإِظْـهَارُ فِـى الْبَقِيَّـةْ * مِـنْ أَحْـرُفٍ وَسَـمِّـهَا
شَفْوِيَّـهْ
Ketiga, Idzhar, pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah
Idzhar Syafawi
وَاحْـذَرْ
لَدَى وَاوٍ وَفَـا أَنْ تَخْتَـفىِ* لِـقُـرْبِــهَا وَلاتحادِ فَاعْـرِفِ
Berhati-hatilah pada huruf Wa dan Fa karena kesamarannya
(dengan ba).. karena kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj (wa)
maka kenalilah..
لام آل
ولام الفعل
Lam Al (Alif lam Qomariyah & Syamsiyah) dan Lam fi’il
لِلاَمِ
أَلْ حَـالاَنِ قَـبْـلَ الأَحْــرُفِ * أُولاَهُــمَا إِظْـهَـارُهَا
فَلْتـَعْـرِف
Hukum lam sebelum huruf-huruf (hijaiyah selain alif) itu
ada dua; pertama dibaca idzhar (jelas) lam nya maka kenalilah..
قَبْلَ
ارْبَـعٍ مَعْ عَشْرَةٍ خُـذْ عِلْمَـهُ * مِنَ ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ
عَقِيـمـهُ
keempat belas huruf yang dibaca jelas, maka ambillah
ilmunya dari kalimat berikut:
ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ
عَقِيـمـهُ
ثَانِيـهِـمَا
إِدْغَـامُـهَا فـى أَرْبَـعٍ * وَعَـشْـرَةٍ أَيْـضاً وَرَمْـزَهَا فَـعِ
Kedua, dibaca idgham yaitu melebur (lam nya tidak dibaca,
tetapi langsung dibaca hurufnya) yang juga 14 huruf dengan rumus:
طِبْ
ثُمَّ صِلْ رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم * دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً
لِلْكَـرَم
طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمَاً
تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَم
وَاللاَّمَ
الاُولَـى سَـمِّـهَا قَمْـرِيَّـهْ * وَالـلاَّمَ الاُخْـرىَ سَمِّـهَا
شَمْسِـيَّهْ
Lam pertama disebut alif lam qomariyyah.. Lam kedua disebut
Alif lam Syamsiyyah
وأظْـهِـرَنَّ
لاَمَ فِـعْــلٍ مُطْلَــقاً * فـى نَحْـوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْـنَا وَالْتَقَـى
Adapun lam fi’il semuanya secara mutlak dibaca jelas
contohnya قُلْ dan
َقُلْـنَا
dan اِلْتَقَـى
المثلين
والمتقاربين والمتجانسين
Mitslain, Mutaqaribain, dan Mutajanisain
إِنْ فِي
الصِّفَاتِ وَالمَخَـارِجِ اتَّفَـقْ * حَـرْفَانِ فَالْمِثْـلاَنِ فِـيهِـمَا
أَحَـقْ
Jika (pada dua huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya
sama, maka ia disebut Mitslain (Mutamatsilain)
وَإِنْ
يَكُـونَا مَخْـرَجـا ًتَـقَـارَبَـا * وَفـي الصِّـفَاتِ اخْتَـلَـفَا
يُلَقَّــبَا
JIka makhrajnya (berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda,
maka ia disebut Mutaqoribain
مُـتْـقَارِبَـيْنِ
أَوْ يَكُــونَا اتَّفَـقَا * فِـي مَـخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّـقَا
Jika Makhrajnya sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia
disebut sebagai Mutajanisain
بِالْمُتَجَانِسَــيْنِ
ثُــمَّ إِنْ سـَكَـنْ * أَوَّلُ كُـلٍّ فَالصَّـغِـيرَ سَـمِّـيَـنْ
Kemudian jika awal semua jenis ini (Mitslain,
Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun, maka disebut dengan Shaghir..
أَوْ
حُـرِّكَ الحَـرْفَـانِ فى كُلٍّ فَقُـلْ * كُـلٌّ كَبِــيرُ وافْهَمَـنْـهُ
بِالْمُـثُلْ
Dan jika kedua hurufnya berharokat pada semua jenis
(Mitslain, Mutaqariain, Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan
fahamilah yang kabir itu dengan mengambil contoh (talaqqy)
أقسام
المد
Pembagian mad
وَالمـَدُّ
أَصْلِـىُّ وَ فَـرْعِــىٌّ لَـهُ * وَسَــمِّ أَوَّلاً طَبِيـعِـيّاً وَهُـــو
Mad itu ada dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly
disebut juga Mad Thabi’iy
مَـالاَ
تَوَقُّـفٌ لَـهُ عَـلـى سَـبَبْ * وَلابِـدُونِهِ الحُـرُوفُ تُجْـتَـلَـبْ
Mad Thabi’iy itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak
pula ketiadaan huruf yang didapat
بلْ
أَىُّ حَرْفٍ غَيْرُ هَمْزٍ أَوْ سُـكُونْ * جَا بَعْـدَ مَـدٍّ فَالطَّبِــيِعىَّ
يَكُـونْ
Setiap huruf selain hamzah dan sukun yang datang setelah
huruf mad (alif, waw,ya) maka ia adalah mad thabi’iy
وَالآخَرُ
الْفَرْعِـىُّ مَوْقُـوفٌ عَلـي * سَـبَبْ كَهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْـجَـلاً
Kedua Mad Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti
adanya hamzah atau sukun secara mutlak.
حُـرُوفُــهُ
ثَـــلاَثَـةٌ فَعِـيـهَا * مِنْ لَفْـظِ وَاىٍ وَهْىَ فى نُوحِـيـهَا
Huruf mad ada tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “وَاىٍ” contohnya نُوحِـيـهَا
وَالكَسْرُ
قَبْـلَ الْيَا وَقَبْلَ الْواوِ ضَـمْ * شَـرْطٌ وَفَـتْحٌ قَبْـلَ أَلفٍ
يُلْتَــزَمْ
Syarat
nya harus senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw,
dan fathah sebelum alif
وَاللِّـينُ
مِنْـهَا الْيَا وَوَاوٌ سَـكَـنَا * إِنِ انْفِــتَاحٌ قَبْـلَ كُـلٍّ
أُعْـلِـنَا
Adapun Mad Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya
dan waw sukun
أحكام
المد
Hukum Mad
لِلْمَــدِّ
أَحْـكَـامٌ ثَـلاَثَـةٌ تَـدُومْ * وَهْـيَ الْوُجُوبُ وَالْجَوَازُ
وَاللُّـزُومْ
Hukum Mad selalu ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan
Mad Lazim
فَـوَاجِبٌ
إِنْ جَـاءَ هَمْـزٌ بَعْدَ مَـدْ * فِـي كِلْمَــةٍ وَذَا بِمُتَّصْــلٍ يُعَـدْ
Mad wajib terjadi jika ada hamzah setelah mad dalam satu
kalimat yang bersambung (mad wajib muttashil)
وَجَـائـزٌ
مَـدٌ وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِـل * كُـلٌّ بِكِلْمَــةٍ وَهَذَا المُـنْفَصِــلْ
Mad Jaiz itu boleh dipanjangkan (seperti mad wajib
muttashil) boleh pula dibaca pendek (seperti mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan
hamzah) masing-masing dalam kalimat terpisah dan ini disebut mad jaiz
munfashil. .
وَمِثـْلُ
ذَا إِنْ عَـرَضَ السُّـكُـونُ * وَقْـفَاً كَتَعْـلَـمُـونَ نَسْـتَعِــينُ
Contoh ini (mad munfashil yang boleh dibaca panjang atau
pendek atau tawassuth/pertengahan) jika ada huruf yang disukunkan karena waqaf
seperti َتَعْـلَـمُـونَ dan نَسْـتَعِــينُ (Mad ‘Aridh
Lissukun)
أَوْ
قُـدِّمَ الْهَمْـزُ عَـلَـي المَـدِّ وَذَا * بَـدَلْ كَـآمَـنُوا وَإِيَـماناً
خُــذَا
Jika Hamzah ada sebelum mad, maka ini adalah mad badal
contohnya آمَـنُوا dan إِيَـماناً
وَلاَزِمٌ
إِنِ السُّـكُـونُ أُصِّــــلاَ * وَصْلاَ وَوَقْـفاً بَعْـدَ مَـدٍّ طُــوّلاَ
JIka sukun bersambung setelah mad baik secara washal atau
waqaf maka ini adalah mad lazim
أقسام
المد اللازم
Jenis-jenis Mad Lazim
أَقْسَــامُ
لاَزِمٍ لَـدَيهم أَرْبَـعَـةْ * وَتِـلْكَ كِـلْمِـيُّ وَحَرْفِـيٌّ مَعَــهْ
Mad Lazim menurut ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad
lazim kilmiy dan mad lazim harfiy
كِـلاَهُـمَا
مُـخَـفَّـفٌ مُـثَـقَّـلُ * فَـهَـــذِهِ أَرْبَـعَـةٌ تُـفَصَّــلُ
Setiap
dari keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini
adalah pembagian yang empat
فَـإِنْ
بِـكِلْمَـةٍ سُـكُونٌ اجْـتَمَـعْ * مَـعْ حَرْفِ مَـدٍّ فَهْوَ كِلْمِـيُّ
وَقَـعْ
jika sukun bersama huruf mad berkumpul dalam satu kata,
maka terjadilah mad lazim kilmy
أَوْ فـي
ثُـلاَثِـيِّ الحُرُوفِ وُجِـدَا * وَالمَـدُّ وَسْـطُهُ فَحَـرْفِــيٌّ بَـدَا
apabila dijumpai ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah
mad maka itu merupakan mad lazim harfiy
كِـلاَهُـمَا
مُثَـــقّـلٌ إِنْ أُدْغِـمَا * مَخَفَّـفٌ كُــلُّ إِذَا لَـمْ يُـدْغَـمَا
Keduanya mutsaqqal jika di-idgham-kan dan mukhaffaf jika
tidak di-idgham-kan
وَالـلاَّزِمُ
الْحَـرفِـيُّ أَوَّلَ السُّــوَرْ * وُجُـودُهُ وَفِـي ثَمَـانٍ انحَصَــرْ
Mad Lazim harfiy ada di awal surat dan hurufnya terkumpul
dalam delapan huruf
وَعَيْنُ
ذُو وَجْهَـيْنِ والطُّولُ أَخَصْ * يَـجْمَعُـهَا حُـرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَصْ
Huruf ‘ain memiliki dua jalan (mad dan tawassuth) akan
tetapi yang masyhur adalah memanjangkannya (mad).. Berkumpul huruf (mad lazim
harfy) dalam kalimat ” كَمْ عَسَلْ نَقَصْ”..
وَمَا
سِوَي الحَرْفِ الثُّلاَثِي لاَ أَلِـفْ * فـَمُـدُّه مَـدّاً طَبِيـعِـيَّا
أُلِــفْ
Dan apa yang selain huruf (mad) yang tiga selain
alif, maka mad nya disebut mad thabi’iy..
وَذَاكَ
أَيْضـاً فِـي فَـوَاتِحِ السُّـوَرْ * فِي لَفْظِ حَيٍّ طَـاهِرٍ قَـدِ
انْحَصَـرْ
Begitupula pada ayat pembuka surat-surat Al Quran yang
terkumpul dalam kalimat
” حَيٍّ طَـاهِرٍ “
وَيَجْمَـعُ
الْفَوَاتِـحَ الأَرْبَـعْ عَشَـرْ * صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا
اشْـتَهَرْ
Berkumpul ke-empat belas huruf pembuka surat dalam kalimat
” صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا اشْـتَهَرْ “
الخاتمة
Penutup
وَتَــمَّ
ذَا النَّـظْمُ بِحَـمْدِ اللَّـــهِ * عَـلَـى تَمَامِـهِ بِـلاَ تَــنَاهِـى
Telah selelasi nadzham ini dengan memuji nama Allah atas
kesempurnaannya yang tak terbatas
أَبْـيَاتُـهُ
نَـدٌّ بَـداَ لِـذِى النُّـهَى * تَارِيخُهُ بُشْـرَى لِمَـنْ يُـتْقِـنُـهَا
Bait-baitnya
tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah
“menggembirakan bagi orang yang menguasainya”
ثُـمَّ
الصَّـلاَةُ وَالسَّــلاَمُ أَبَـــداَ * عِـلـى خِـتَامِ الأَنْبِـيَاءِ
أَحْـمَـدَا
Kemudian shlawat serta salam semoga selalu tercurah atas
penutup para nabi, Muhammad
وَالآلِ
وَالصَّــحْبِ وَكُـلِّ تَـابِـعِ * وَكُــلِّ قَـارِئٍ وكُـلِّ سَــامِـعِ
Atas keluarga, sahabat, dan para pengikutnya dan setiap
pembaca dan pendengar Al Quran…
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar